Nama Nama Surga


  • Surga Firdaus
  • Surga 'Adn
  • Surga Na'im
  • Surga Ma'wa
  • Surga Darussalam
  • Surga Darul Muqomah
  • Surga Al Maqoomul Amiin
  • Surga Khuldi



Teman-teman semua ingin masuk kedalam Surga yang mana? Hehe. . . .kira-kira amalan-amalan kita ada yang masuk apa ngga ya dengan salah satu kriteria Surga diatas?

Dari Delapan Surga diatas, masing-masing Surga memiliki kriteria atau para penghuninya sendiri-sendiri, jadi teman-teman bisa memilih, mau masuk ke Surga yang mana kita di Akhirat kelak?

Memilih Surga? Memang bisa?

Saya jawab. . . . .Bisa

Tapi ada Syaratnya. . . . .Kalau teman-teman ingin masuk ke dalam Surga Firdaus, "Surga yang diciptakan oleh Allah SWT dari Emas", syaratnya ialah:
  • Peliharalah Shalat kalian, karena salah satu syarat masuk kedalam Surga Firdaus yakni orang-orang yang senantiasa memelihara Shalat dengan Khusuk.
  • Orang-orang yang berpaling dari pekerjaan yang sia-sia. Yang mana pekerjaannya itu membuat sulit berIbadah kepada-Nya, itulah yang dimaksud pekerjaan yang sia-sia.
  • Orang-orang yang membayar Zakat, mungkin yang satu ini kita sebagai Umat Muslim merupakan salah satu syarat yang mudah, karena Insya Allah setiap bulan Ramadhan kita senantiasa membayar Zakat.
  • Kemudian syarat selanjutnya ialah orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri-istrinya. Apakah kamu salah satu yang bisa menjaga syarat yang ini?
  • Ternyata masih ada lagi syarat yang terakhir, bila teman-teman ingin masuk kedalam Surga Firdaus, syarat yang terakhir yakni orang-orang yang memelihara Amanah dengan baik, dan menepati janjinya. (QS. Al-Mukminun: 1-11)
Demikian syarat-syarat supaya anda, kalian atau kita agar bisa masuk kedalam Surga Firdaus. Kalau teman-teman ada yang mampu menunaikan semua syarat-syarat yang diatas, yang tertera dalam QS. Al-Mukminun ayat 1-11, , , ,saya ucapkan, silahkan anda memasuki Surga Firdaus. . . .

Selanjutnya saya ingin memberitahukan kepada saya pribadi dan teman-teman yang lain, berikut ini adalah syarat-syarat amalan supaya kita bisa masuk kedalam Surga selanjutnya, yakni Surga 'Adn.

Syarat-syaratnya ialah sebagai berikut:

Surga 'Adn "diciptakan oleh Allah SWT dari Intan Putih"


  • Kerjakanlah Kebaikan, dengan niat mengharap Ridho Allah SWT semata. Segala perbuatan baik apapun, jangan sampai berharap yang lain, yakni berharaplah hanya kepada Allah SWT agar mendapatkan Ridho dari-Nya.
  • Orang-orang yang benar-benar beriman dan beramal Saleh. Jadi dalam syarat kali ini, hanya orang-orang beriman yang benar-benar beriman, bukan hanya identitas ya teman-teman, dan juga orang-orang yang melakukan perbuatan amal Saleh.
  • Orang yang banyak berbuat baik. Lakukanlah perbuatan baik sebanyak mungkin, semampu yang kamu bisa, semakin banyak berbuat baik, tentunya semakin cocok dengan kriteria yang satu ini.
  • Orang-orang yang Sabar karena berharap Ridho Allah, menginfakan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan. Seberat apapun masalah yang saat ini sedang kamu hadapi, bersabarlah dengan hanya mengharapkan Ridho dari Allah SWT. Bagikan sebagian harta ataupun rizqy kalian, kepada orang-orang yang membutuhkan. Dan balaslah segala kejahatan yang diberikan oleh orang lain terhadap diri kita, dengan Kebaikan. Syarat-syarat diatas merupakan makna dari (QS. Ar-Ro'du: 22-23)
Bagaimana teman-teman? Akankah syarat-syarat dari kedua Surga diatas mampu kita tunaikan? Sulit atau mudahnya tergantung pada diri kita masing-masing kawan. Bila memang kita benar-benar berniat ingin dan berharap dapat masuk kedalam kedua Surga diatas, pastinya syarat-syarat tersebut bukanlah hal yang sulit, melainkan sesuatu hal yang mudah untuk kita tunaikan.

Surga Na'im. "Diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih"

Untuk teman-teman yang ingin masum kedalam Surga Na'im syaratnya diantara lain:

  • Orang-orang yang beriman dan beramal Saleh. Syarat yang satu ini sepertinya hampir mirip, dengan salah satu syarat yang sudah saya jelaskan diatas. Jadi, kuatkanlah Iman yang ada dalam hati kalian, dan perbanyaklah beramal Saleh. (QS. Lukman:8 dan QS. Al-Hajj: 56)
  • Syarat yang kedua yakni orang-orang yang bertaqwa. (QS. Al-Qolam:34). Syarat untuk masuk surga Na'im hanya dua. Wah sepertinya syarat untuk masuk kedalam Surga Na'im sangat mudah ya teman-teman. Kita hanya tinggal memperkuat dan mempertebal Iman kita, perbanyak amal Saleh, dan semaksimal mungkin bertaqwa kepada Allah SWT. Insya Allah kita semua dapat masuk kedalam Surga Allah SWT dengan Kehendak dan Ridho dari-Nya. . . . .Amin Ya Rabbal'alamin. . . . .
Supaya tidak membosankan, saya simpan dulu artikel yang selanjutnya ya teman-teman, hehe. . . .

Tunggu artikel-artikel selanjutnya dari saya yang akan menerangkan tentang syarat-syarat agar kita mendapatkan Ridho dari Allah SWT untuk masuk kedalam Surga Ma'wa, Surga Darussalam, Surga Darul Muqomah, Surga Al-Makoomul Amin dan Surga Khuldi.

Kalau menurut salah satu dari kalian terasa berat untuk menunaikan syarat-syarat diatas, siapa tahu syarat-syarat untuk masuk Surga di artikel selanjutnya ada yang lebih mudah menurut kalian.

Terima Kasih atas kunjungan kalian ya teman-teman, semoga bermanfaat untuk kalian. . . . . . 

Comments