Al Qur'an Sepanjang Zaman

Dalam sadar atau tidak sadar, kaum muslimin sedang berhadapan dengan persoalan besar. Syubhat, syahwat, penyimpangan pemahaman agama, perpecahan dan lain-lain.



Cobaan-cobaan silih berganti menghempas, menggoyah dan mengikis iman.

Al Qur'an merupakan petunjuk utama untuk mencapai keteguhan iman. Al Qur'an merupakan penghubung yang amat kukuh antara hamba dengan Rabbnya.

Barangsiapa berpegang teguh dengan Al Qur'an, niscaya Allah akan memeliharanya, barangsiapa mengikuti Al Qur'an, niscaya Allah akan menyelamatkannya dan barangsiapa menyeru kepada Al Qur'an, niscaya Allah akan menunjukinya ke jalan yang benar.

Allah menurunkan Al Qur'an secara berangsur-angsur adalah untuk meneguhkan hati para hamba-Nya,

Sebagaimana firman Allah tatkala membantah tuduhan kaum kuffar,

"Orang-orang kafir berkata: Mengapa Al Qur'an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja? Demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacakannya secara tertib." (Al Furqan: 32)

Al Qur'an menanamkan keimanan dan
mensucikan seseorang, Al Qur'an jiwa mententeramkan hati manusia dan sebagai benteng bagi orang mukmin dalam menghadapi hempasan fitnah.

Al Qur'an membekali muslim dengan konsep serta nilai yang dijamin kebenarannya,

Sehingga dia mampu menilai sesuatu dan menimbang sesuatu secara proporsial dan benar.

"Dan sesungguhnya kalau mereka melaksanakan nasehat yang diberikan kepada mereka, tentulah hal yang demikian itu lebih baik bagi mereka dan lebih meneguhkan (hati mereka di atas kebenaran)." (An Nisa 66)

Allah melimpahkan hidayah kepada orang yang beriman dan beramal di jalan yang lurus.

Baca artikel-artikel selanjutnya di:

Comments